Minggu, 01 November 2015

contoh protokol HTTP (Perangkat lunak jaringan)


Buat anak didikku, yang udah biasa make internet, browsing, chatting, dlll....well, biar udah jagoan internetan, “harus” tau sebenernya gimana internet itu bisa berjalan atau gimana “sesuatu” yg terlihat di interneti itu bisa ada! Nah lho... bingung sama bahasanya to?  Intinya, kalo bisa praktik shalat, harus bisa teori dan do’anya dulu to?
Jadi, gak sebatas jadi konsumen dunia maya saja, tapi sidikit tau atau tau banyak, bagaimana aplikasi2 yang ada di internet itu ada!
Ingat perangkat keras dan perangkat lunak yang harus ada dalam suatu jaringan?
Yaps perangkat keras jaringan meliputi :
1.      Server
2.      Workstation
3.      Media komunikasi
Sedangkan perangkat lunak jaringan meliputi :
1.      Sistem operasi
2.      Protokol jaringan
Nah, khususon kali ini kita akan membahas tentang protokol jaringan:
Apa itu?
Protokol Jaringan adalah sekumpulan aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi seperti pembuatan hubungan, proses transfer suatu file, serta memecahkan berbagai masalah khusus yang berhubungan dengan komunikasi data antara alat-alat tersebut supaya komunikasi dapat berjalan dan dilakukan dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda-beda.
Alah.... intine, protokol jaringan ki biar bisa berkomunikasi data antara dua komputer, atau bahasa bodohnya ya....  bahasa komputer lah, biar bisa dipahami oleh manusia. Wakakaa...

Lanjut ..... Protokol tu macem-macem ya, salah satunya HTTP (Hypertext Transfer Protokol), yg merupakan protokol utama web yang mengatur tata cara yang harus dipakai oleh browser untuk mengambil dokumen web dalam format HTML.
Contohnya gini .... ketika mau bikin tabel, yang kelihatanya sederhana to kalo dibikin di Ms. Word? Tinggal klik insert tabel, selesai! Itu kalo di Ms. Word, nah skg gimana biar tabel yang kita bikin bisa dilihat lewat internet melalui web? Ya harus pake protokol HTTP.

Contoh: tabel  “PERWALIAN” seperti yang saya posting-kan di “DATABASE-NORMALISASI DATA--- (Bagian 1).
..........
Tabel Perwalian
NIMNAMANO DOSENDOSEN
10001AMANAH113DRA ETIK RAHAYU MSC
10002LINDA132KUSTOMO SSI MSI
10003ARDIAN SUFANDI131DRS SAROYAH
10004MASRUR RIDLO133DRA ETIK RAHAYU MSC
10005SYURUROH ARIFIAH133DRA ETIK RAHAYU MSC
10005AJI C. B. A132KUSTOMO SSI MSI

.........
Yang secara tampilan kelihatanya sangat sederhana, ternyata cukup panjang proses pembatanya, gak cukup :klik insert table tok. Tapi musti pake protokol http sebagai berikut:


 So, gmn? susie.... gak ada kata susie kalo mau belajar. Keep Studying, karna hidup adalah belajar. dari yang tidak tahu menjadi tahu, pahami, aplikasikan dan sampaikan ke yang lain. 

kayak orang baca Al Qur'an, gak cukup di baca to? tapi pahami, hafalkan, amalkan, dan sebarkan ke yang lain. Last but not least, wayooo segera selesaikan tugasnya! wokey!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar